fbpx

8 Fitur Penting yang Harus Ada di Learning Management System

  • Home
  • blog
  • 8 Fitur Penting yang Harus Ada di Learning Management System
blog image

Di tengah pandemi seperti sekarang, semua aktivitas masyarakat diwajibkan dilakukan secara virtual guna menekan angka penularan covid-19, tak terkecuali juga bidang pendidikan. Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa kegiatan perkuliahan wajib dilakukan secara daring. Untuk itu, tak bisa dipungkiri jika kebutuhan akan penggunaan media belajar online atau e-Learning meningkat. (Baca juga : Tren e-Learning pada tahun 2020 )

Kebutuhan akan e-Learning pun harus diikuti oleh pengetahuan Anda mengenai fitur yang harus ada dalam platform e-learning. Agar tak salah pilih, berikut ini delapan fitur yang wajib ada dalam aplikasi e-Learning:

  1. Video Conference
  2. fitur lms, video conference lms, lms indonesia, learning management system
    Komunikasi menjadi hal penting dalam kegiatan pembelajaran, untuk itu di masa pandemi ini video conference menjadi pilihan yang tepat. Pastikan memilih aplikasi e-Learning dengan layanan video conference yang dapat mendukung komunikasi antara Anda dengan mahasiswa secara tatap maya agar kelas lebih interaktif. Video conference tak hanya untuk kegiatan belajar-mengajar, namun juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bimbingan mahasiswa hingga wisuda.

  3. Dukungan Migrasi Data
  4. fitur lms, video conference lms, lms indonesia, learning management system, migrasi data lms
    Proses migrasi data yang dimaksud adalah memindahkan data kampus dari 1 konteks ke konteks yang lain. Pemindahan data bukan semata-mata memindahkan namun juga merapikan struktur data, format data, dan lainnya. Di mana jika ada duplikasi data, data yang tidak terbaca, atau format yang salah wajib diperbaiki terlebih dahulu sebelum melakukan migrasi data. Migrasi data juga penting dilakukan saat Anda mengimplementasikan e-Learning, agar Anda memiliki data yang tepat sesuai Sistem Informasi Akademik yang telah Anda miliki. Jika Anda memerlukan dukungan migrasi data untuk e-Learning, Anda bisa menggunakan aplikasi LMS seperti eStudy untuk mendapatkan layanan migrasi data secara gratis.

  5. Kuis dan Ujian Online
  6. fitur lms, video conference lms, lms indonesia, learning management system, kuis dan ujian online lms
    Agar perkuliahan lebih interaktif, biasanya seorang dosen akan mengadakan kuis interaktif serta melakukan ujian untuk evaluasi belajar mahasiswa. Untuk itu, fitur kuis dan ujian online diperlukan dalam sebuah aplikasi e-Learning. Fitur ini akan mendukung Anda dalam membuat soal hingga distribusi soal ujian kepada mahasiswa, sehingga Anda tak perlu kebingungan lagi untuk melaksanakan ujian secara online.

  7. Bank Soal
  8. fitur lms, video conference lms, lms indonesia, learning management system, bank soal lms, lms untuk kampus
    Ketersediaan bahan pembelajaran akan mempermudah mahasiswa dalam memahami materi dan tugas yang sudah Anda berikan, terlebih lagi jika mahasiswa akan menyambut ujian akhir. Fitur bank soal akan membantu mahasiswa untuk mempersiapkan ujian akhir dengan latihan mengerjakan soal latihan yang sudah dirancang sebelumnya. Dengan begini, mahasiswa tidak perlu kesusahan lagi untuk mencari referensi latihan ujian serta akan semakin dimudahkan dalam menghadapi ujian akhir.

  9. Dashboard Monitoring Progres Mahasiswa
  10. fitur lms, video conference lms, lms indonesia, learning management system, dashboard lms
    Dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan tentunya harus ada indikator keberhasilan, di mana hal yang sama juga diterapkan dalam perkuliahan. Fitur dashboard akan membantu Anda sebagai dosen untuk melacak atau mengetahui progres perkuliahan mahasiswa, mulai dari kehadiran, intensitas mengakses materi, pengerjaan tugas hingga hasil evaluasi kuis dan ujian akhir.

  11. Portal Khusus Mahasiswa
  12. fitur lms, video conference lms, lms indonesia, learning management system, portal lms, lms untuk mahasiswa
    Selain kebutuhan pembelajaran, ada banyak aspek penting yang juga harus dilakukan oleh mahasiswa seperti pencarian informasi beasiswa, pekerjaan, magang, asrama, hingga pengajuan keringanan pembayaran kuliah. Fitur portal khusus mahasiswa mengakomodasi semua kebutuhan tersebut. Mahasiswa bisa mengakses surat pengajuan beasiswa melalui satu aplikasi saja, dimana pihak kampus juga dapat menyediakan template surat pengajuan dalam platform yang sama.

  13. Portal Khusus Dosen
  14. fitur lms, video conference lms, lms indonesia, learning management system, portal lms dosen, lms untuk kampus
    Selain mahasiswa, Anda sebagai dosen juga akan mendapatkan keuntungan dari penggunaan e-Learning. Dalam portal khusus dosen ini Anda bisa mengakses evaluasi perkuliahan yang diberikan oleh mahasiswa, informasi seminar dan pengabdian, serta berita terkini di lingkungan kampus.

  15. Ruang Diskusi
  16. fitur lms, video conference lms, lms indonesia, learning management system, ruang diskusi lms
    Selain pembelajaran di dalam kelas, seringkali Anda sebagai dosen membuka sesi tersendiri untuk melakukan diskusi lebih mendalam mengenai perkuliahan yang diberikan. Kegiatan diskusi ini pun bisa dilakukan dengan mudah menggunakan e-Learning. Anda dapat membuat ruang diskusi atau forum di LMS dan juga membuat break-out room saat menggunakan video conference, hingga mengoptimasi fitur chat untuk memudahkan mahasiswa untuk berkomunikasi dalam memahami materi perkuliahan yang Anda berikan. (Baca juga : 7 Tips Agar Tenaga Pengajar Efektif dalam Melakukan Pembelajaran )

Setelah ini, Anda akan kembali dihadapkan oleh banyak pilihan platform LMS. Jika masih kebingungan, eStudy dapat menjadi pilihan LMS yang tepat bagi Anda. Di mana fitur yang ada di dalam eStudy mendukung terciptanya pembelajaran online yang lebih interaktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *