fbpx

7 Strategi Membuat Kelas Virtual Lebih Menarik di Mata Mahasiswa

  • Home
  • blog
  • 7 Strategi Membuat Kelas Virtual Lebih Menarik di Mata Mahasiswa
blog image

Selama ini kita mengenal kegiatan perkuliahan dilaksanakan secara tatap muka di dalam kelas. Di mana dosen menjelaskan materi dengan menuliskan penjelasan di papan tulis atau membawa alat peraga, lalu mahasiswa mendengarkan. Namun dengan adanya pandemi, kegiatan perkuliahan pun harus mengalami penyesuaian. Hal ini merujuk pada pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, jika kegiatan belajar mengajar serta perkuliahan harus dilakukan secara daring atau online selama masa pandemi. Di mana pihak kampus menggunakan platform video conference sebagai media pembelajaran online di kala pembatasan sosial seperti sekarang.

Dalam hal ini, Anda sebagai dosen atau pengajar harus membuat strategi baru dalam melaksanakan perkuliahan agar kelas yang Anda ampu tetap kondusif dan materi bisa tersampaikan dengan baik. Untuk Anda yang masih mencari solusinya, berikut ini ada tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat perkuliahan online Anda menarik di mata mahasiswa:

  1. Persiapkan Materi dengan Baik
  2. virtual class, pembelajaran jarak jauh, merdeka belajara, kelas online, e-learning
    Baik di sini adalah Anda bisa menggunakan alat peraga atau pendukung seperti power point dengan tampilan yang segar. Selain itu, pastikan materi yang Anda sampaikan sudah dipadatkan. Maksud dari dipadatkan adalah lugas di mana tidak terlalu banyak teks di dalamnya, namun mahasiswa bisa langsung menangkap inti dari materi yang Anda sampaikan. Agar lebih optimal, Anda bisa menggunakan platform video conference yang mendukung berjalannya kegiatan perkuliahan seperti Zoom, Google Meet, dan juga VEX. Beri contoh relevan melalui video atau gambar yang bisa ditampilkan melalui fitur share screen. (Baca juga : Fitur Penting yang Harus ada pada LMS )

  3. Manfaatkan Kuis Online
  4. virtual class, pembelajaran jarak jauh, merdeka belajara, kelas online, e-learning, kuis online
    Saat ini ada banyak platform kuis online seperti Kahoot yang bisa Anda manfaatkan untuk perkuliahan online. Anda hanya perlu mempersiapkan pertanyaan lalu membuat kuis online dan membagikan linknya kepada mahasiswa atau memilih platform e-Learning yang memiliki fitur kuis online. Anda bisa mengadakan kuis online setelah penyampaian materi untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa atas materi yang Anda sampaikan. Hasil dari kuis juga dapat dijadikan bahan evaluasi untuk pertemuan berikutnya.

    Learning Management System eStudy by DNA

  5. Beri Tugas Presentasi
  6. virtual class, pembelajaran jarak jauh, merdeka belajara, kelas online, e-learning
    Tugas presentasi mahasiswa bisa menjadi sarana mereka untuk mempelajari materi perkuliahan lebih mendalam. Anda bisa memulainya dengan membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok untuk menyampaikan materi perkuliahan yang ada. Dengan adanya presentasi dari mahasiswa, diharapkan diskusi dapat berjalan lebih dinamis dan mencegah kebosanan lantaran materi perkuliahan tak hanya dilakukan oleh dosen pengampu saja. Setelah presentasi dilakukan, Anda bisa memberikan masukan atau tambahan materi kepada mahasiswa. Tugas yang Anda berikan kepada mahasiswa diharapkan bisa menciptakan lulusan yang kreatif dan memiliki daya analisis yang baik guna mendukung terciptanya generasi penerus bangsa yang siap menghadapi revolusi industri 4.0.

  7. Buatlah Kelompok Belajar
  8. virtual class, pembelajaran jarak jauh, merdeka belajara, kelas online, e-learning
    Kelompok belajar disini adalah media mahasiswa untuk melakukan diskusi lebih lanjut terkait materi perkuliahan yang telah disampaikan. Mengingat, mahasiswa bisa saja kesulitan atau kurang memahami materi yang ada karena keterbatasan waktu dan perbedaan teknik pembelajaran antara kuliah tatap muka secara offline dan online.

  9. Lakukan Ice Breaking
  10. virtual class, pembelajaran jarak jauh, merdeka belajara, kelas online, e-learning
    Untuk mencegah kebosanan, ada kalanya Anda harus melakukan ice breaking atau sedikit relaksasi di kelas yang Anda ampu. Anda bisa membuat sebuah games atau senam otak untuk mengurangi kebosanan mahasiswa dalam mengikuti kelas yang Anda ampu. Selain itu, Anda juga menambahkan video menarik dalam materi perkuliahan Anda untuk menjadi selingan atau hiburan bagi mahasiswa.

  11. Siapkan Frequently Ask Answer (FAQ)
  12. virtual class, pembelajaran jarak jauh, merdeka belajara, kelas online, e-learning
    Frequently Ask Answer (FAQ) atau jawaban dari pertanyaan yang sekiranya banyak dipertanyakan perlu Anda siapkan. FAQ membuat kelas lebih efektif karena membantu mahasiswa untuk lebih memahami bagaimana kuliah yang Anda ampu akan berlangsung. FAQ yang Anda buat dapat berisi tentang teknis kuliah, penyampaian presentasi, kehadiran mahasiswa, hingga penyampaian pertanyaan saat diskusi berlangsung.

  13. Berikan Apresiasi
  14. virtual class, pembelajaran jarak jauh, merdeka belajara, kelas online, e-learning
    Agar mahasiswa lebih bersemangat, Anda bisa memberikan hadiah atau apresiasi kepada mereka. Buatlah kategori pemenang seperti presenter materi perkuliahan terbaik, mahasiswa yang mendapatkan skor tertinggi saat kuis, hingga mahasiswa yang hadir paling cepat di kelas Anda.

Strategi-strategi di atas bisa menjadi rujukan ketika Anda mulai mempersiapkan perkuliahan secara online. Tidak usah tergesa-gesa untuk menerapkan semuanya secara bersamaan, Anda dapat melakukannya secara paralel. Jangan lupa untuk mencobanya satu per satu sesuai dengan kondisi mahasiswa Anda, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat WA