fbpx

6 Tips Membuat Modul E-learning Jauh Lebih Menarik

  • Home
  • blog
  • 6 Tips Membuat Modul E-learning Jauh Lebih Menarik
blog image

Perencanaan menjadi poin penting dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan. Anda sebagai dosen tentunya sudah tidak asing dengan modul pembelajaran atau rencana pembelajaran selama satu semester. Kontrak perkuliahan, deskripsi mata kuliah, nama dosen pengampu, metode pembelajaran, hingga poin evaluasi pembelajaran tentu saja harus tertulis dalam modul yang Anda buat. Meski menjalani pembelajaran secara online, rencana pembelajaran tentu tidak bisa diabaikan. Bahkan, modul pembelajaran e-Learning harus dibuat berbeda dengan pembelajaran offline untuk memudahkan mahasiswa untuk memahami materi perkuliahan yang Anda sampaikan.

Berbeda dengan modul pembelajaran offline, berikut ini tips yang bisa Anda jadikan acuan dalam merancang modul e-Learning Anda:

Lakukan Riset Mengenai Implementasi E-learning

implementasi elearning, leraning management system, lms indonesia, elearning indonesia

Sebelum membuat modul e-learning lebih jauh, ada baiknya Anda mempelajari hakikat e-learning. Mulai dari prosedur penggunaannya serta fitur yang ada di dalamnya. Pengetahuan ini akan membantu Anda untuk menentukan materi perkuliahan yang ingin disampaikan, bagaimana penyampaiannya, hingga tahap evaluasi pembelajaran yang akan dilaksanakan. Untuk mempermudah pemahaman, buatlah tabel keuntungan dan kelebihan dari platform e-learning yang Anda gunakan untuk diimplementasikan pada strategi pembelajaran Anda kelak.

Pelajari Kebiasaan yang dilakukan oleh Mahasiswa Saat Ini

implementasi elearning, leraning management system, lms indonesia, elearning indonesia

Layaknya memasarkan sebuah produk, Anda harus mengetahui kebiasaan dari mahasiswa Anda. Pelajari karakteristik mahasiswa di usia tertentu. Apakah mereka sudah cukup bersahabat dengan teknologi dan e-Learning atau apakah mereka cukup mudah memahami penyampaian materi dengan menggunakan satu media pembelajaran saja? Langkah ini bisa Anda lakukan dengan melakukan pengamatan dan bertanya pada sejumlah mahasiswa. Dari hasil riset ini Anda dapat lebih memahami metode pembelajaran yang cocok untuk diterapkan, sehingga perkuliahan online pun lebih tepat sasaran dan interaktif. Jika ingin mendapatkan hasil yang akurat dan cepat, Anda dapat menggunakan eStudy Learning Management System (LMS). Manfaatkan fitur Dashboard untuk mengerti demografi dan psikografi mahasiswa.

Buatlah Kuis dan Penugasan yang Menarik

implementasi elearning, leraning management system, lms indonesia, elearning indonesia, kuis online, kuis lms

Agar perkuliahan lebih interaktif, Anda perlu membuat kuis dan penugasan yang menarik. Namun sebelum membuat kuis, pastikan platform e-learning Anda memiliki fitur kuis online seperti yang dimiliki oleh eStudy. Kuis online dengan studi kasus yang bersinggungan dengan kehidupan mahasiswa akan membuat mereka lebih bersemangat untuk menyelesaikannya. Anda juga bisa memberikan penugasan seperti pembuatan podcast atau video untuk memacu kreativitas mereka. Dengan begini, daya saing serta produktivitas mahasiswa akan semakin meningkat, selain itu mahasiswa tidak akan bosan karena penugasan tak hanya berpacu pada penulisan artikel ilmiah saja.

Pelajari Macam – Macam Cara Pembelajaran Online

implementasi elearning, leraning management system, lms indonesia, elearning indonesia, pembelajaran online, pembelajaran jarak jauh

Dalam aplikasi e-Learning seperti eStudy, ada banyak pilihan cara pembelajaran seperti menggunakan video conference, video, podcast hingga melalui ruang diskusi. Buatlah daftar keuntungan dan kerugian dari metode pembelajaran yang ada, manakah yang paling cocok untuk karakteristik mahasiswa Anda. Dari riset yang dilakukan ini, Anda bisa mempersiapkan materi untuk berbagai media pembelajaran guna memudahkan mahasiswa untuk belajar. Sehingga perkuliahan tidak berjalan dengan sia-sia.

Pelajari Lebih Lanjut Mata Kuliah yang akan Anda Sampaikan

implementasi elearning, leraning management system, lms indonesia, elearning indonesia, pembelajaran jarak jauh

Selain media pembelajaran, materi dari mata kuliah yang akan Anda sampaikan juga penting. Mempelajari materi mata kuliah akan menentukan metode pembelajaran yang Anda sampaikan. Apakah Anda perlu menyiapkan alat peraga saat kuliah atau tidak. Selain penyampaian materi, hal ini juga bisa berpengaruh pada pembuatan kuis atau penugasan agar standar evaluasi mahasiswa bisa terpenuhi. (Baca Juga : Tips Agar Tenaga Pengajar Efektif dalam Melakukan Pembelajaran )

Ketahui Standar Evaluasi e-Learning

implementasi elearning, leraning management system, lms indonesia, elearning indonesia, evaluasi elearning

Buatlah standar evaluasi khusus untuk pembelajaran online. Standar ini dibuat untuk mengingat metode pembelajaran online berbeda dengan offline. Disini Anda harus mempertimbangan aspek distraksi saat belajar, materi yang disampaikan, hingga jenis penugasan yang Anda buat. Anda dapat memberikan bobot penugasan lebih tinggi jika dirasa poin penting dalam pembelajaran ada di penugasan, sedangkan ujian akhir hanya sebagai pendukung.

Namun yang lebih penting dari penjelasan diatas, Anda harus mengetahui lebih lanjut mengenai pembelajaran e-Learning mulai aspek teknis pada pemakaian aplikasi hingga proses pembelajaran. Lantaran pembelajaran secara daring jelas berbeda dengan pembelajaran yang biasa Anda lakukan, di mana diperlukan strategi khusus agar pembelajaran berjalan lebih inovatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *